SobatGO pernah gak ngebayangin bakal diterima di banyak kampus sekaligus? Pusing gak ya milih mau yang mana? Keterima di satu kampus aja bersyukur banget, tapi Syifa Restu Pramesti bisa sampai diterima di enam kampus sekaligus lho. Big applause!

Syifa, cewek cantik asal SMA Negeri 39 Jakarta yang sekarang menempuh studi di Teknik Elektro Universitas Indonesia punya perjuangan yang gak main-main untuk sampai ke titik ini. Berawal dari si pejuang undangan a.k.a. SNMPTN sampai jadi pejuang Ujian Mandiri. Syifa cerita kalau dirinya ngambis banget untuk mengejar nilai di semester lima untuk bisa mendapatkan jatah undangan. Undangan didapatkan, namun kenyataan kadang tidak sesuai ekspektasi. SNMPTN dan PPKB UI kelas paralel tidak menjadi kelolosan untuknya.

 

“Undangan itu cuma bonus,” salah satu pesan dari Syifa untuk kamu yang masih berjuang.

 

Setelah sempat down, Syifa tidak menyerah dan mempersiapkan diri untuk UTBK-SBMPTN. Syifa mempersiapkan segalanya, mulai dari buku materi, kumpulan soal, dan platform belajar. Kemudian Menyusun to-do-list dan mengatur waktu dengan baik.

 

“Aku biasanya belajar dari jam 9 pagi sampai 3 sore, dilanjut jam 7 sampai 11 malam, selalu diusahain untuk konsisten. Cari juga temen-temen yang mendukung, dari situ bisa belajar bareng dan tukeran ilmu lho. Cukup efektif,” ceritanya.

 

Selain itu, berbuat baik, minta maaf, dan minta didoakan pun sangat berpengaruh untuk kesuksesan. Perbanyak ibadah dan untuk teman-teman yang muslim bisa juga berpuasa, bersedekah, melakukan ibadah sunnah, dan berdoa di waktu mustajab. Jangan lupa juga untuk mengapresiasi diri atas apa yang sudah diusahakan. Percaya bahwa hasil akan selalu sebanding dengan usaha, sisanya tinggal berserah.

“Pada akhirnya, kita ini hanya pejuang, bukan penentu hasil,” quotes yang relate banget dengan posisi Syifa waktu itu.

 

Yup, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Gak percaya? Meski tidak lolos juga melalui SBMPTN, hasil ambis Syifa selama di SMA ternyata berbuah manis. Nilai rapor Syifa selama SMA sangat memuaskan dan ini membantunya untuk ikut Ujian Mandiri dengan nilai rapor. Meski tidak semua Ujian Mandiri dilalui dengan jalur ini, tiga dari enam kelulusannya ke kampus berhasil diraih dengan bantuan nilai rapor.

 

Banyak ujian yang Syifa ambil, yaitu SM ITS (Tes), UM UNDIP (Rapor), SIMAK UI (Tes + Rapor),  UM UGM (UTBK + Rapor), SMUP UNPAD (Tes), SPMB UNS (UTBK), dan PMB UPDM (Rapor). Dari sini ia berhasil lolos di UNDIP jurusan Teknik Lingkungan, UI jurusan Teknik Elektro, UGM jurusan Teknik Elektro, UNPAD jurusan Statistika, dan UPDM jurusan Teknik Industri. Selain itu, ia juga mendapat beasiswa di President University dari salah satu platform belajar jurusan Environmental Engineering.

 

Big big big big applause buat Syifa. Keren banget gak sih?! Buat kamu yang masih berjuang, jangan pernah patah semangat ya! Kayak Syifa yang harus melalui banyak perjuangan dan ujian, kamu juga pasti bisa melaluinya. Jangan lupa rajin belajar dan berdoa. Gak lupa juga, GO siap bantu kamu kalau kamu butuh bimbingan. See you on top, sobatGO!


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.