Cecep Komarudin Haris atau lebih akrab disapa Pak CK. Seorang pengajar lulusan Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pengajar yang disayangi murid-muridnya, pengajar yang menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya. Namun perjalanannya tidak dimulai dari passion menjadi guru.

 

Guru bukanlah cita-cita Pak CK. Keinginan beliau untuk mengambil jurusan Pertanian di IPB yang tidak disetujui oleh orang tua membawanya ke profesinya saat ini. Pendidikan Matematika adalah salah satu pilihan yang diberikan orang tua Pak CK saat itu. Berbekal restu dan keinginan untuk membahagiakan orang tua, Pak CK menjalani perkuliahannya. Namun di tengah perjalanan, keinginan diri untuk memberontak dan berpindah ke jurusan lain semakin muncul, tapi beliau bertanggung jawab atas pilihannya dan tetap melanjutkan studi di Pendidikan Matematika.

 

Di masa perkuliahannya, beliau mulai mengajar dan terus dilanjutkan saat ia telah lulus. Beliau bercerita bahwa mengajar adalah passion yang ia temukan setelah ia benar-benar menekuni profesi guru.

 

"Berkah dan nikmat sewaktu saya bertemu anak-anak dan mengajar."

 

Menjadi guru adalah sebuah kebanggaan, menjadi guru Matematika adalah kebanggaan kedua, dan menjadi guru Matematika di Ganesha Operation adalah kebanggaan ketiga. Mengajar di GO menyenangkan karena murni mengajar dan memberikan ilmu pada siswa.

 

Seperti pengajar lain, berpindah dari satu tempat ke tempat lain adalah hal yang lumrah, namun berbeda dengan Pak CK. Saat dirinya harus berpindah ke unit GO Lembang, DM @officialganeshaoperation dipenuhi oleh pesan siswa yang meminta beliau tidak dipindahkan ke unit GO Lembang, bukan cuma satu dua, tapi belasan. Ada apa? Kenapa?

 

Dedikasi, kemampuan, dan hal-hal yang dilakukan Pak CK untuk murid-muridnya membuat beliau begitu disayangi.

 

“Mengajar hingga siswa mengerti, mencari cara agar siswa bisa lebih dan mudah untuk mengerti, dan harus sampai bisa selalu saya lakukan.”

Ini juga yang membuat TST menjadi hal yang berkesan karena beliau bisa membantu siswa belajar dari tidak mengerti sama sekali sampai bisa.

 

Suatu saat ada seorang siswa yang ingin lolos ke ITB, namun nilai di sekolahnya tidak memungkinkan siswa ini lolos. Pak CK menyarankan agar siswa ini menempuh jalur UTBK-SBMPTN dan ditaati. Pak CK percaya bahwa dengan usaha dan doa semua pasti bisa dilalui. Hasilnya siswa tersebut lolos ke Teknik Industri ITB. Kisah siswa tersebut kini jadi inspirasi.

 

Satu pesan dari beliau,

 

"Semua hal berawal dari mimpi. Ketika sudah memiliki visi dan mimpi yang kuat, kesananya tinggal memantapkan hati dan mental untuk mewujudkan mimpi tersebut. Harus punya strategi yang tepat, tools yang tepat, dan partner yang tepat."

 

Kalau kamu, udah punya mimpi, strategi, tools, dan partner yang tepat belum? 


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.