Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini tujuannya adalah untuk mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan bagi tiap satuan pendidikan. Jadi, dari hasil asesmen nantinya bisa sebagai bahan informasi untuk guru dalam menyiapkan metode dan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dengan cara memperhatikan pencapaian murid sehingga memudahkan murid dalam menguasai materi pada suatu mata pelajaran. Nah, ANBK ini terdiri dari 3 instrumen, yaitu:
  1.  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi,
  2. Survei Karakter, dan juga
  3. Survei Lingkungan Belajar. Keseluruhan instrumen ini kelak akan bisa menggambarkan kondisi mutu pendidikan sekolah. 

SobatGO sudah tahu belum jenis soal apa saja yang terdapat dalam ANBK 2021? Kalo belum, artikel ini mungkin akan membantu kamu dalam mengenali jenis-jenis soal yang akan muncul di ANBK 2021 nanti.

Instrumen ANBK yang akan digunakan pada proses Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) meliputi dua jenis soal yaitu Literasi dan Numerasi. Aspek Literasi penilaiannya mencakup kecakapan dalam berfikir logis dan sistematis, kemampuan dalam penalaran menggunakan konsep dan pengetahuan, serta keterampilan dalam mengolah informasi. Aspek numerasi penilaiannya diukur pada kemampuan berpikir penataan konsep, fakta, dan alat matematika. Bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pun lebih bervariasi dari bentuk soal yang biasanya SobatGO kerjakan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah berikut : 

  1. Bentuk Soal Objektif
    • Pilihan Ganda

    Pada jenis soal ini peserta ujian akan diberikan sebuah pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban. Peserta ujian hanya perlu memilih satu jawaban yang diyakini benar dan bisa melanjutkan ke soal berikutnya. 


    • Pilihan ganda kompleks benar dan salah

    Berbeda dengan pilihan ganda biasa, di dalam soal ini terdapat beberapa pernyataan yang mengharuskan siswa memilih pernyataan tersebut sesuai atau tidak dengan stimulus yang diberikan.


    • Pilihan ganda kompleks lebih dari satu yang benar

    Dipilihan ganda biasa peserta diharuskan memilih satu jawaban yang dianggap benar, pada pilihan ganda ini peserta dapat memilih lebih dari satu jawaban yang dianggap benar. 


    •  Isian singkat

    Dalam soal isian singkat ini peserta hanya diperbolehkan mengisi jawaban menggunakan angka saja tidak harus diuraikan menggunakan kata-kata.


    • Menjodohkan jawaban

    Pada jenis soal menjodohkan jawaban peserta hanya perlu menghubungkan soal yang berada di kotak kiri dengan jawaban yang berada di kotak kanan menggunakan sebuah garis yang menghubungkan kedua kotak tersebut yang dianggap cocok antara soal dan jawaban. 


  2. Bentuk soal non objektif
  • Uraian

Jenis soal uraian merupakan jenis soal yang mengharuskan peserta menjawab pertanyaan dengan menggunakan penjelasan dikolom jawaban. Kolom jawaban peserta hanya boleh memasukan huruf, angka, spasi, karakter, dan enter saja. 


Hal yang paling penting dengan dilaksanakannya AKM untuk siswa agar dapat memberikan ouput berupa keterampilan dalam memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi, dan juga berkolaborasi dengan baik.

Ganesha Operation mampu memberikan materi pembelajaran sesuai standar ANBK 2021 dengan berbagai macam contoh soal dan penjelasannya, sehingga akan lebih memudahkan kalian dalam mengerjakan soal ujian nantinya. Mau lebih tahu tentang Ganesha Operation? Ayo kunjungi langsung disini untuk mengetahui berbagai informasi mengenai ANBK 2021. 


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.