SobatGO ada yang udah kangen sekolah? Pasti kangen banget kan sama guru-gurunya, temen-temennya, kantinnya (MinGO banget sih ini). Apalagi kalau sekolah kalian gedungnya instagramable kaya gini, beuuuuuuuh pasti udah kangen banget tuh pengen foto trus upload di feed Instagram. Bahkan menurut American Institute of Architects (AIA), ternyata ruang kelas ataupun gedung sekolah punya pengaruh yang besar terhadap pembelajaran siswa. Nih, MinGO kasih referensi biar kalian bisa kasih ke OSIS terus dibuatin proposal untuk renovasi gedung sekolah. Kali aja di-acc yeee kan hehehe.

1.    Nanyang Primary School, Singapura.


Colorful curves are an eye-catching feature of Nanyang Primary School, Singapore. Credit: John Gollings

Jika biasanya gedung-gedung sekolah di Indonesia akan di cat putih, berbeda dengan Nanyang Primary School nih, sobatGO. Ketika Amerika memilih untuk tidak begitu banyak menggunakan warna cerah karena akan membuat siswa menjadi lebih hiperaktif, di Singapura sekolah justru dibuat berwarna-warni seperti ini sehingga membuat lingkungan belajar menjadi lebih menarik dan sepertinya siswa juga gak masalah tuh kalo warnanya serame itu. Malah bagus buat jadi background foto hehehe.

2.   High School #9, Los Angeles, USA.


High School #9, Los Angeles, USA. Credit: courtesy coop himmelb(l)au

Nah berbeda dengan Nanyang Primary School, High School #9 lebih mengutamakan konsep “One Size Doesn’t Fit At All” karena menurut mereka anak-anak jaman now belajar dengan cara yang berbeda dan terdapat banyak sudut pandang dalam lingkungan pembelajaran. Sehingga di design tempat belajar dengan gedung-gedung yang bentuknya berbeda-beda. Keren gak sobatGO?

3.   Green School Bali


via www.jawapos.com

Kiri-kanan kulihat saja banyak pohon kelapa (harusnya cemara sih). MinGO yakin kalian pasti bakal betah di sekolah alam ini. Ada pemandangan hijau yang mengelilingi kalian, semua gedungnya tidak menggunakan beton sama sekali melainkan menggunakan bambu. Sekolah ini juga menerapkan sistem go green, dimana listrik sekolah menggunakan panel surya. Say no to global warming.

4.   Hazelwood School in Glasgow, Skotlandia.


Credit: David Frutos

Mirip dengan sekolah alam yang ada di Bali, Hazelwood School ini juga menggunakan rumput untuk menutupi seluruh gedungnya yang juga memiliki dinding setebal 2 meter untuk melindungi gedung dari curah hujan tinggi yang ada disana. Meskipun gedungnya menggunakan rumput sintetis, tetap terlihat seperti rumput asli ya sobatGO. Arsitekturnya juga unik dan bikin tangan gatel pingin langsung cekrek upload.

5.   Thompson Elementary School, Swedia


via www.floordaily.net

Mirip dengan Nanyang Primary School nih sobatGO, tapi selain menggunakan kombinasi warna yang beragam, Thompson Elementary School juga menggunakan kombinasi bentuk yang gak kalah beragamnya tuh. Selain akses Wi-Fi di semua koridor, sekolah ini juga menyediakan area pembelajaran individual dan proyek kelompok kecil di setiap ruangan bangunan sekolah. Tapi inget, fasilitasnya dipakai buat ngerjain tugas ya sobatGO. Jangan cuma dipake buat cekrek upload sambil scroll-scroll Instagram.

Kamu tertarik buat masuk ke salah satu sekolahnya? Tapi sekali lagi minGO ingetin, lingkungan belajar yang baik akan mempengaruhi proses belajar kamu, sama kaya GO yang bisa bikin kamu lebih mudah belajar. Makanya daftar sekarang.


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.